1. Komponen [kembali]Gambar 1. Komponen Percobaan 3 (KEYPAD)
Gambar 2. Komponen Percobaan 3 (LCD)
2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Gambar 3. Rangkaian Percobaan 3
Gambar 3. Flowchart Percobaan 1
4. Listing Program [kembali]
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad
// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
// set up the LCD's number of columns and rows:
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
lcd.print(key);
}
}
1.
PERCOBAAN 3
a.
Kenapa
pin yang digunakan hanya dari D4 sampai D7 saja?
Jawab:
Karena keypad yang
kita gunakan adalah 3x4 maka hanya dibutuhkan 4-bit saja dan pin yang digunakan
hanya 4. Jika D0 sampai D3 kita gunakan juga,maka akan menjadi 8-bit data.
Sehingga tidak bisa digunakan atau diterapkan pada rangkaian.
b.
Jika
kita menggunakan keypad 4x4 apakah ada perbedaan pada saat memprogramnya?
Jawab:
Jika kita menggunakan keypad 4x4
varian dari keypad tersebut ada 16,maka kita membutuhkan 8-bit data. Jadi kita
harus menggunakan pin D0-D3 juga. Kalau keypad 3x4 variannya hanya 12,sehingga
hanya memerlukan 4–bit saja. Jadi perbedaan pada saat mrmprogramnya terdapat
pada jumlah pin yang digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar